Tuesday, July 21, 2015

Tempat Wisata di Bandung


Bandung, ibu kotanya Jawa Barat, tempat menarik yang dapat Anda kunjungi kapan saja sepanjang tahun. Itu karena kota ini tidak hanya terkenal dengan panorama alam yang indah tetapi  juga menawarkan banyak daya tarik wisata yang patut Anda kunjungi. Bandung dapat memberikan pengalaman tersendiri yang unik karena memang itulah yang diharapkan warga Bandung kepada setiap pengunjung yang datang.

Bandung mulai tumbuh sebagai sebuah kota sejak akhir abad ke-19 dimana awalnya diarahkan menjadi kota administratif Hindia Belanda juga sebagai kawasan tujuan wisata. Bandung terhampar 768 meter di atas permukaan laut yang menjadikannya berudara sejuk. Berjajarnya bangunan kuno bergaya Art Deco dengan sejarahnya sendiri dilengkapi beraneka tempat makan dan tempat berbelanja di berbagai sudut kota. Itulah sebab kota ini memang layak dinisbahi sebagai “Paris of Java” atau Parijs van Java.

Sebuah kaleidoskop penuh warna dapat Anda mulai dari tempat perbelanjaan (factory outlet, butik, distro, dan mall), gemerlapnya malam, berbagai macam kuliner bercita rasa, bangunan-bangunan berarsitektur Art Deco yang megah, juga kesenian tradisional yang mengagumkan merupakan alasan mengapa Anda selayaknya datang ke kota unik ini.

Jangan lewatkan untuk mengamati bagaimana langgam Art Deco dari bangunan-bangunan di Kota Bandung. Langgam Art Deco cukup populer di Indonesia, khususnya pada gedung-gedung lama hasil rancangan arsitek Belanda di Indonesia sekitar tahun 1920-an. Banyak gedung yang didirikan dari periode tersebut dianggap mewakili arsitektur Art Deco, dan koleksi terlengkap konon terdapat di Kota Bandung.

Lagam Art Deco yang berasal dari Perancis merupakan suatu campuran arsitektur yang mengagumkan dari beragam gaya, termasuk gaya Eropa masa lampau, arsitektur Maya, Aztec, dan China, serta gaya modern yang dipengaruhi kubisme, futurisme, dan ekspresionisme. Amati oleh Anda bagaimana gaya dekoratifnya yang megah dan elegan ini memiliki karakter bentuk geometris yang kuat, warna mencolok, dan garis yang tajam.

Tahun 2001 Kota Bandung dianugerahi predikat peringkat 9 dari 10 World Cities of Art Deco sebagai kota yang banyak memiliki koleksi gedung lama berlanggam Art Deco. Beberapa gedung yang sering ditafsirkan berlanggam Art Deco di Bandung adalah Hotel Preanger, Hotel Savoy Homann, Bank Jabar, Jaarbeurs, Gedung Merdeka, serta beberapa pertokoan lama di sepanjang Jalan Braga.

Khusus untuk Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika, tempat berlangsungnya Konferensi Asia Afrika pertama tahun 1955, awalnya bernama Societeit Concordia. Dibangun tahun 1895 sebagai gedung klub, kemudian direkonstruksi tahun 1921 oleh CP Wolff Schoemaker. Nuansa konservatif terlihat kental pada pintu masuk utama dengan adanya pilar silinder sederhana bergaya Eropa yang dipercantik dengan lampu kaca pada puncaknya. Demikian juga tempelan ornamen berbentuk geometris pada bidang-bidang vertikal yang memisahkan jendela-jendela memperlihatkan unsur Eropa, gabungannya dengan aksen tradisional berupa ukiran-ukiran pada bagian sudut atas bangunan tampak menarik walaupun tidak dominan. Pada bagian sisi kanan terlihat kesederhanaan unsur modern dengan massa bangunan yang berbentuk bundar dan melingkar mengikuti pola jalan, berbeda dengan penyelesaian massa pada sisi kiri yang cenderung klasik. Selain anda mengamati arsitekturnya maka jangan ragu untuk masuk ke dalam museumnya mengingat kembali bagaimana berlangsungnya Konferensi Asia Afrika yang pertama kali dan telah mempengaruhi pandangan politik negera-negara di Asia dan Afrika.
Tips Wisata bandung Bandung merupakan surga belanja. Anda mungkin akan merasa kewalahan dengan luas dan banyaknya toko baju, distro, dan factory outlet yang tersebar di sepanjang Jalan Dago, Riau (Martadinata), Cihampelas dan Setiabudi. Di sini Anda dapat berbelanja sesuka hati dan membeli barang-barang bermerek seperti Luis Vuitton, Hugo Boss, Tommy Hilfiger, Zara, Giorgio Armani, Burberry, CK, DKNY, Marc Jacob dan masih banyak lagi. Namun tidak seperti di Paris, barang-barang bermerek di sini harganya jauh lebih terjangkau. Jika Anda ingin membeli celana jeans Anda dapat menemukannya di sepanjang Jalan Cihampelas. Belilah sesuatu di sini untuk mengubah penampilan Anda saat mengelilingi kota Bandung.

Hanya berjarak 30 menit dari Bandung dan Anda akan disuguhi oleh pemandangan bukit yang  tinggi, indah dan alami. Segarkan pikiran Anda dan bersantailah dengan perjalanan menyenangkan ke Lembang yang terletak di sebelah Utara Bandung. Untuk memulai hari Anda, Anda dapat berhenti sejenak di POM TAHU yang menjual tahu Lembang dan susu segar dalam berbagai rasa. Di sekitar kawasan ini, Anda dapat memetik stroberi sendiri sambil merasakan suasana Lembang yang yang masih alami dan biarkan anak-anak Anda bermain dengan kegiatan outdoor seperti mini flying fox, arung jeram kolam dan balloon walker. Anda juga dapat mencoba memompa adrenalin dengan melakukan kegiatan outbond di Imah Seniman, Lembang. Jelajahi bukit-bukit yang bertingkat dan jalur yang mendebarkan dengan menaiki ATV (All Terrain Vehicle). Cobalah terbang dengan seutas tali dengan menaiki flying fox. Anda juga dapat menikmati sensasi memancing di kolam ikan di tempat ini.

Perpanjang perjalanan Anda untuk melihat teropong raksasa di Observatorium Bosscha atau datang ke tempat yang lebih tinggi di Gunung Tangkuban Parahu. Mengelilingi kawah yang terkenal (Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas) akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Inilah salah satu tempat di dunia dimana Anda dapat melihat gunung berapi yang masih aktif dari jarak dekat dan merasakan keramahan penduduk setempat.

No comments:

Post a Comment